9 Masalah Komputer Umum untuk Usaha Kecil dan Solusinya

Kemajuan teknologi memungkinkan usaha kecil untuk bersaing lebih erat dengan perusahaan besar. Namun, usaha kecil berjuang dengan masalah teknologi setiap hari. Ini tidak mengherankan mengingat 27% usaha kecil tidak memiliki dukungan TI.

Ini menyulitkan pemilik untuk menghindari atau menyelesaikan masalah komputer yang umum. Langkah pertama menuju penyelesaian masalah ini adalah mempelajari apa itu dan apa yang menyebabkannya. Mereka dapat berupa perangkat lunak atau perangkat keras yang terkait.

Sebagian besar masalah komputer disebabkan oleh kurangnya pemeliharaan rutin. Sebagai pemilik usaha kecil, Anda perlu memahami bahwa komputer memerlukan pemeriksaan rutin.

Semakin banyak Anda belajar tentang masalah ini, semakin mudah untuk mengendalikan dan menyelesaikannya. Berikut adalah sembilan masalah komputer umum yang dihadapi oleh peluang bisnis online kecil dan tips tentang cara menyelesaikannya.

1. Internet lambat

Ini adalah salah satu masalah paling umum dalam bisnis kecil. Pengguna menginginkan internet cepat setiap saat. Internet yang lambat mengurangi produktivitas dan membuang waktu. Masalahnya bisa karena virus atau spyware. Juga, situs yang menggunakan bandwidth dalam jumlah besar dapat memperlambat layanan internet.

Memblokir akses ke situs-situs seperti YouTube dan torrent selama jam kerja. Situs-situs ini memakan banyak bandwidth dan memperlambat layanan internet. Terlebih lagi, blokir sembulan yang dapat menyebabkan virus di jaringan. Anda juga harus mendapatkan bandwidth yang memenuhi kebutuhan bisnis Anda.

2. Masalah Login Akun

Agak frustasi karena tidak bisa masuk ke akun. Ini umum dalam bisnis kecil. Seseorang akan berkata, tetapi saya login beberapa jam yang lalu. Terkadang masalahnya kecil, seperti menggunakan huruf besar saat mengetik kredensial.

Pengguna juga dapat dikunci setelah memasukkan kata sandi yang salah beberapa sebagai langkah keamanan. Terkadang ini merupakan masalah keamanan jaringan yang menyebabkan penolakan layanan.

Pastikan keamanan jaringan terbaru untuk mencegah serangan yang dapat menyebabkan penolakan layanan. Untuk akun yang ditangguhkan, administrator jaringan dapat memulihkan akun.

3. Masalah Printer

Keluhan printer cukup terkenal. Kadang-kadang pengguna mungkin gagal menghidupkan printer. Di lain waktu, masalah kabel bisa menjadi penyebabnya. Juga, seseorang harus secara rutin memeriksa apakah printer memiliki tinta yang rendah dan perlu diisi ulang.

Sangat mudah untuk melupakan bahwa printer juga memerlukan pemeriksaan pemeliharaan. Pastikan telah disaring dan tinta diisi ulang sesuai kebutuhan. Sebelum mencetak, pastikan printer dalam keadaan hidup dan kabel jaringan terhubung. Anda juga harus memastikan bahwa kabel berfungsi dengan baik.

4. Layar Biru Yang Mengganggu

Bagi mereka yang menggunakan sistem operasi windows, layar biru ini adalah masalah umum. Ini adalah pesan kesalahan saat sistem macet. Sistem operasi tidak dapat beroperasi setelah kesalahan sistem karenanya layar biru.

Kesalahan ini diatasi dengan melakukan pengembalian sistem. Pastikan sistem operasi Anda diperbarui sebagaimana diperlukan untuk kesalahan sistem.

5. Keamanan

Tahukah Anda bahwa  65% bisnis kecil tidak pulih dari serangan cyber? Anda harus memperhatikan keamanan jaringan Anda dengan serius. Sebagian besar pemilik usaha kecil tidak memiliki langkah-langkah perlindungan jaringan. Mereka menganggap bahwa keamanan adalah masalah bagi perusahaan besar.

Melindungi bisnis Anda dari rasa tidak aman dunia maya mengharuskan seseorang berinvestasi dalam keamanan jaringan. Pastikan firewall Anda kuat dan berjalan setiap saat. Manfaatkan alat pemantauan jaringan untuk mendeteksi dan mencegah serangan seperti itu.

6. Backup dan Pemulihan Data Merupakan Masalah Komputer Umum

Pernah mendengar kutukan keras dari kantor hanya untuk bergegas ke sana dan menemukan masalah adalah kehilangan data? Orang tersebut mungkin sedang mengerjakan dokumen tanpa menyimpannya saat mereka berkembang. Seorang pengguna mungkin telah menghapus file dan berpikir itu hilang selamanya. Di lain waktu, itu adalah masalah besar seperti serangan virus.

Solusinya adalah memberdayakan staf Anda dengan pengetahuan komputer dasar. Simpan dokumen saat Anda mengerjakannya. Biarkan mereka tahu bahwa dokumen masuk ke tempat sampah sebelum dihapus secara permanen.

Lebih dari itu, untuk mencegah kehilangan data besar, buatlah rencana pemulihan cadangan. Simpan data Anda di lokasi sekunder yang dapat Anda ambil setelah kehilangan data dan lanjutkan dengan pekerjaan.

7. Masalah Integrasi

Kata hari ini adalah kata digital, dan teknologi terus berkembang. Bisnis perlu menambah infrastruktur TI aslinya dan kemajuan dengan teknologi baru. Ini berarti bahwa berbagai peralatan dan solusi perangkat lunak diperlukan untuk menjalankan bisnis.

Untuk setiap perangkat lunak atau peralatan baru yang ditambahkan, pastikan ada integrasi yang mulus. Jika pengembangan perangkat lunak di-outsourcing-kan, pastikan pengembang mengintegrasikannya sepenuhnya. Seharusnya cocok dengan lingkungan Anda yang ada sebelum menutup proyek.

8. Virus dan Malware

Hanya perlu satu klik untuk menginfeksi komputer Anda dengan virus. Terlepas dari seberapa hati-hati Anda, kesalahan seperti itu kemungkinan akan terjadi. Virus menyebabkan banyak masalah untuk usaha kecil. Misalnya, mereka mengekspos data rahasia perusahaan dan menyebabkan hilangnya data.

Untuk melindungi bisnis Anda dari virus, pastikan Anda memiliki antivirus yang diinstal di semua komputer. Pastikan perawatan rutin dilakukan untuk memperbarui perangkat lunak. Juga, jalankan pemeriksaan rutin menggunakan perangkat lunak antivirus. Selanjutnya, ingatkan staf Anda untuk tidak mengklik tautan dan email yang dipertanyakan.

9. Kurangnya Rencana TI

Pemilik usaha kecil gagal menghasilkan strategi TI. Ini adalah masalah besar. Banyak pemilik bisnis mengabaikan bagian bisnis ini sampai sesuatu yang besar terjadi. Pada saat ini terjadi, sudah terlambat untuk menyelamatkan data atau mencegah serangan cyber.

Dianjurkan untuk memiliki rencana TI segera setelah Anda mengatur. Bekerja dengan pakar TI yang dapat membantu Anda mengidentifikasi infrastruktur TI yang dibutuhkan untuk peluang jualan online Anda. Juga, Anda harus menganggarkan untuk dukungan TI profesional untuk bisnis Anda. Meneliti dan mempelajari lebih lanjut tentang layanan dukungan TI untuk bisnis kecil.

Masalah TI di Bisnis Kecil

Masalah komputer yang umum dihadapi oleh usaha kecil adalah karena kurangnya pemeliharaan. Pemeriksaan rutin adalah cara nomor satu untuk mencegah masalah seperti itu. Jangan abaikan bagian teknologi dari bisnis ini. Ini membantu dalam mencapai tujuan bisnis Anda. Dengan demikian, penting untuk merencanakan dan menganggarkan untuk setiap masalah komputer yang mungkin timbul.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *